Ustaz Abdullatif MCB Ajak Mualaf Tuva Memaksimalkan 10 Hari Pertama Zulhijjah

Ajaran agama Islam merupakan satu-satunya agama dan kepercayaan yang menerapkan tuntunannya dalam setiap aspek kehidupan. Dengan bermodalkan basmalah dan mengikuti junjungan nabi Muhammad SAW kita dapat meng-upgrade aktivitas-aktivitas harian kita menjadi bernilai ibadah. Jauh berbeda dengan agama-agama dunia lainnya yang hanya menetapkan Ibadan dan seremoninya pada waktu-waktu tertentu.

Beberapa hari menjelang pergantian bulan Hijriyah dari bulan Zulqaidah menjadi Zulhijjah, da’i Mualaf Center BAZNAS (MCB) hadir untuk bertugas membina belasan mualaf Desa Tuva Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi Biromaru Provinsi Sulawesi Tengah. Pada kesempatan pekan ini, ustaz Abdullatif Amrizal atau yang biasa akrab disapa dengan ustaz Abdullatif membawakan tema keutamaan 10 hari pertama bulan Zulhijjah.

Bulan terakhir dalam penanggalan Hijriyah ini merupakan bulan yang cukup istimewa dalam agama Islam. Satu dari dua keutamaan bulan ini yang sama-sama sudah banyak umat Islam ketahui adalah datangnya hari raya ‘Idul Adha. Hari berqurban ini barangkali belum bisa terlalu dinikmati oleh kaum mualaf di pedalaman. Hal ini dikarenakan banyak diantara mualaf ini yang tidak berpunya dari segi ekonomi, dan jarang sekali ada warga setempat yang mampu berqurban.

Mengingat keadaan kelompok mualaf binaanya, ustaz Abdullatif kali ini datang dengan menyampaikan satu lagi kabar gembira akan keutamaan bulan Zulhijjah dengan menyampaikan sebuah hadits yang berbunyi,

مَا العَمَلُ فِي أَيَّامٍ أَفْضَلَ مِنْهَا فِي هَذِهِ؟» قَالُوا: وَلاَ الجِهَادُ؟ قَالَ: وَلاَ الجِهَادُ، إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ يُخَاطِرُ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ، فَلَمْ يَرْجِعْ بِشَيْءٍ

Tak ada amal yang lebih utama daripada yang dilakukan di hari-hari ini (10 hari awal Zulhijjah). Para sahabat bertanya: “Tidakkah jihad juga?” Rasul menjawab: “Tidak juga jihad, kecuali seorang yang pergi memerangi musuh dengan jiwa dan hartanya kemudian kembali tanpa membawa apa pun.”
(H.R. Muslim)

Dari sepotong sabda nabi tersebut ustaz Abdullatif mengajak segenap binaannya yang baru masuk dan mengenal Islam ini untuk tidak menyia-nyiakan keistimewaan 10 hari pertama bulan Zulhijjah yang akan datang tidak lama lagi. Dengan melakukan beragam aktivitas baik yang diniatkan sebagai ibadah ditambah mengawalinya dengan kalimat basmalah, insya Allah malaikat akan mencatatkannya dengan nilai ibadah.

Terakhir sebagai penutup, ustaz mengajak kaum muslimin pada umumnya dan kelompok mualaf binaannya pada khususnya untuk memenuhi 10 hari tersebut dengan memperbanyak ibadah yang Rasulullah Muhammad SAW contohkan seperti sedekah, shaum, sholat sunnah dan berdzikir kepadaNya. Semoga kita juga tidak melewatkan momen-momen berharga ini. Diantara beberapa caraeperti dengan menunaikan zakat maupun sedekah melalui BAZNAs, insya Allah kita dapat sama-sama membantu perjuangan da’i dan mualaf diberbagai pelosok daerah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *