Keutamaan Memperbanyak Shalawat Sebagai Pesan Da’i BAZNAS Kepada Mualaf Otobasa

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap hari Jumat. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (H.R. Baihaqi)

Hadits yang cukup singkat ini menjadi pembuka kegiatan pembinaan rutin kelompok mualaf Masjid Jabal Nur Dusun Otobasa Desa Keranji Paidang Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Da’i BAZNAS yang akrab dipanggil ustaz Asep ini menyampaikan keutamaan bershalawat di hari Jumat pada tanggal 25 Juni lalu.

“Diantara banyaknya keistemewaan hari Jumat dalam ajaran Islam, Rasulullah Muhammad SAW mengajak umatnya untuk memperbanyak bershalawat kepadanya. Hal ini beliau sabdakan dalam haditsnya yang berbunyi;

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jumat. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat” (H.R. Baihaqi).  Demikian disampaikan sang ustaz untuk memotivasi orang-orang yang tidak lama baru masuk Islam ini.

Diantara beragamnya kalimat-kalimat shalawat, dan terlepas dari berbagai pendapat akan ada atau tidaknya tuntunan jumlah bacaan shalawat yang dianjurkan, da’i Mualaf Center BAZNAS (MCB) ini tidak mempersoalkan hal yang demikian. Adapun tuntunan yang ia ajarkan bagi kelompok mualaf yang baru mengenal Islam ini, cukup diberikan ajaran yang sederhana terlebih dahulu.

Ustaz Asep Mengajarkan aL-Quran dan Iqro Selepas Sesi Materi

“Cukuplah kita mulai untuk membiasakan diri dengan kalimat shalawat yang pendek dulu. Maka saudara-saudara seimanku, mari kita biasakan bershalawat dengan membaca;

اللهم صل وسلم  علي نبينا محمد

Ya Allah berikanlah rahmat dan keselamatan kepada nabi kita nabi Muhammad (SAW). Semoga dengan kita  terbiasa dalam membaca serta mengingat dan meneladaninya kita kelak di akhirat tergolong dalam orang-orang yang diakuinya” tutup ustaz Asep dalam sesi pembekalan ilmu agama siang itu.

Kegiatan MCB yang berlangsung setiap pekan kali ini dihadiri hamper sejumlah 30 orang mualaf binaan. Laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda hadir dengan penuh semangat. Tidak ketinggalan, agenda siang itu dilanjutkan dengan bimbingan baca al-Qur’an dan iqro bagi para mualaf.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *