Da’i BAZNAS Menyampaikan Syarat dan Keutamaan Taubat

Ditengah kesibukan aktivitas berladang dan berkebun desa, sekelompok mualaf binaan ustaz Asep Mas’um tetap ramai-ramai hadir dalam pembinaan agama pekanan mereka. Seusai sholat Jum’at (24/6), di bawah teriknya sengatan matahari mereka tetap hadir walaupun harus menempuh jarak cukup jauh dari Masjid Jabal Nur ini. Dalam pertemuan kali ini tema yang dibahas adalah tentang bertaubat kepada Allah.

“Setiap insan wajib bertaubat karena manusia tidak akan pernah luput dari kesalahan. Bertaubat memiliki makna untuk kembali kepada Allah dan tindakan ini termasuk salah satu yang dicintai oleh Allah. Hal ini berarti meninggalkan apa-apa yang tidak Allah sukai atau agama larang, dan kemudian menyesal dan kembali pada ketaatan di atas jalan Allah.” Demikian ujarnya setelah membuka materi.

إِنَّ ٱللَّهَ یُحِبُّ ٱلتَّوَّبِینَ وَیُحِبُّ ٱلۡمُتَطَهِّرِینَ

Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang yang menyucikan diri. (Surat al-Baqarah: 222)

Ustaz Asep pun melanjutkan. “Bertaubat dalam islam tidak perlu melakukan ritual-ritual khusus seperti membayar sejumlah uang, atau memberikan sesuatu dan lain sebagainya. Pokok utama yang perlu dilakukan bagi seorang hamba yang hendak bertaubat dalam Islam harus dilandasi, 1) niat yang kuat, 2), memperbanyak istighfar (meminta ampunan), 3) tidak mengulangi kesalahan yang lalu, 4) memperbanyak amal sholih, serta yang terakhir menurutnya adalah 5) istihlal (minta halal) terutama dosa yang berkaitan dengan sesama manusia.”

Da’i Mualaf Center BAZNAS Menyampaikan Ceramah

Sejumlah 24 mualaf binaan da’i Mualaf Center BAZNAS (MCB) ini menyimak materi yang ustaz sampaikan dengan seksama. Kegiatan pembinaan yang dilakukan ustaz Asep bertujuan untuk menjaga dan membina keislaman puluhan mualaf yang BAZNAS Pusat titipkan kepadanya di Dusun Otobasa, Desa Keranji Paidang, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Insya Allah dengan zakat yang masyarakat Indonesia titipkan melalui BAZNAS akan sangat bermanfaat untuk menunjang berbagai keperluan rohani maupun jasmani segenap mualaf binaan BAZNAS di berbagai pelosok daerah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *