Da’i BAZNAS Mengajak Mualaf Sigi Merenungi Keutamaan Hari Jum’at dalam Islam

Dalam penanggalan Islam, hari Jum’at merupakan hari yang paling istimewa diantara ketujuh hari yang ada. Hal ini dikarenakan cukup banyak dalil baik yang bersumber dari kalam Allah dalam al-Qur’an maupun apa yang disabdakan nabi Muhammad SAW melalui hadits dan sunnahnya. Diantara salah satu hadits beliau yang cukup popular berbunyi;

“خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

“sebaik-baik hari dimana matahari terbit disaat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (H.R. Muslim)

Hari Jum’at juga menjadi hari yang dirasa istimewa bagi hampir seluruh ummat Islam, terlebih bagi saudara-saudara kita kaum mualaf Desa Tuva, Kecamatan Gumbasa Kabupaten Sigi Biromaru. Di tengah pelosok Sulawesi Tengah ini, hari Jum’at menjadi momen berkumpul bersama dan berjumpa dengan saudara seiman lainnya. Tentu hal ini membuat mereka sangat bahagia dan lebih bergairah dalam mengamalkan ajaran Islam.

Ustaz Abdullatif yang merupakan da’i Mualaf Center BAZNAS (MCB) pun tidak menyia-nyiakan pertemuan kali itu. Pada siang harinya sang ustaz hadir dan memberikan ilmu serta nasihat yang amat berharga bagi segenap kaum muslimin yang hadir siang itu. Diantara materi yang beliau sampaikan pada kesempatan itu adalah tentang keutamaan shalawat kepada nabi.

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat ummatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (H.R. Baihaqi)

Pesan ini tentu merupakan sebuah amalan yang insya Allah ringan namun mendapatkan ganjaran yang sangat dirindu setiap muslim sejati. Tidakkah setiap dari kita menginginkan untuk mendapatkan posisi istimewa di samping baginda nabi shalallahu ‘alaihi wa salam?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *