Da’i BAZNAS Ajak Mualaf Otobasa Teladani Rosul Melalui Sifat Sidiq dan Amanah

Da’i Mualaf Center BAZNAS (MCB) mengajak mualaf binaan meneladani akhlak Rosulullah SAW yaitu sifat Shidiq dan Amanah. Hal ini disampaikan kepada mualaf Dusun Otobasa pada kajian rutin mingguan di Masjid Jabal Nur Dusun Otobasa, Desa Keranji Paidang, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, Jumat (12/2). Kajian mingguan ini dihadiri 31 orang mulaf dari kalangan bapak-bapak dan ibu-ibu yang dilaksanakan setelah melaksanakan salat Jumat.

Tema ini diangkat dengan harapan para mualaf bisa memahami pentingnya  sifat shidiq (jujur) dan amanah (dipercaya) dalam menjalankan kehidupan ini, dan supaya para mualaf memahami  bahwa amanah bukan hanya sekedar menjaga  titipan barang saja tetapi memahami bahwa setiap orang medapat amanah untuk menjadi khalifah di muka bumi.

Dalam paparannya Da’i MCB Ustadz Asep Ma’sum menyampaikan berbagai macam bentuk amanah.

“Di antara bentuk amanah adalah menjaga badan kita untuk senantiasa taat kepada Allah dan menjauhi semua bentuk kemaksiatan, badan merupakan titipan dari Allah maka jaga badan sesuai dengan apa yang Allah inginkan,” papar Ustaz Asep.

Pada akhir sesi kajian seperti biasa dibuka sesi tanya jawab, ada beberapa pertanyaan dari para mualaf di antaranya dari Mardianus yang menanyakan tentang menceritakan kejelekan pribadi kepada orang lain

“Pak ustaz bolehkah kita menceritakan kejelekan pribadi kepada orang lain?” tanya Madianus.

“Membicarakan kejelekan pribadi atau dosa kita kepada orang lain tidak diperbolehkan karena dia tidak menjaga kehormatan dirinya sendiri,  padahal Allah sudah memuliakan dia dengan menutup aibnya,” jawab Ustaz Asep.

“Tetapi jika niatnya untuk menjadikan bahan pelajaran kepada orang lain agar orang yang mendengarkan tidak terjerumus maka diperbolehkan.” tambahnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *