Da’i BAZNAS Kuatkan Pemahaman Akhlak ke Mualaf Binaan

Para mualaf binaan di Desa Maileppet mengikuti pembinaan pekanan sekaligus menerima paket kebutuhan pangan yang didistribusikan oleh Da’i Mualaf Center BAZNAS di Masjid Taqwa Desa Maileppet, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada hari Senin (16/11/2020). Binaan mualaf memaksimalkan pertemuan tersebut dengan berkonsultasi kepada Da’i Mualaf Center BAZNAS, Ustadz Ramdhani Saadillah, mengenai sikap seorang muslim saat dihujat atau dicela.

Da’i Mualaf Center BAZNAS Bagikan Paket Basic Need Kepada Binaan Mualaf Mentawai

“Ustadz, bagaimana kita menyikapi perkataan orang lain yang menyakiti kita, apakah boleh kita membalasnya?” tanya salah seorang mualaf, Rostina.

Da’i Mualaf Center BAZNAS, Ustadz Ramdani menjelaskan bahwa seorang muslim perlu bersabar dalam menyikapi perilaku dan perkataan orang lain. Tidak ada keharusan untuk membalas kejelekan orang dengan kejelekan yang sama. Jikapun harus membalas maka balas keburukan dengan kebaikan.

“Perkataan buruk dari orang lain itu bisa menjadi ladang bagi diri kita sendiri untuk pelajaran untuk tidak melakukan hal yang sama, sebagai pelajaran untuk kita bisa memaafkan kesalahan orang lain dan mendoakan kebaikan kepada mereka,” terang Ustadz Ramdhani menambahkan penjelasannya.

Pada pembinaan tersebut sebanyak tiga belas jiwa mualaf Ibu-ibu hadir. Mereka tampak selalu bersemangat untuk mengikuti pengajian walaupun dalam kondisi cuaca yang tidak selalu bagus.

Pengajian dimulai dengan mengulang bacaan shalat dan hafalan surah-surah pendek. Para mualaf juga diminta untuk menyetorkan hafalan ayat kursi yang sudah bersama-sama dihafal sepanjang satu pekan  yang lalu. Diantara mereka ada yang sudah hafal secara lengkap dengan bacaan yang bagus ada pula yang masih terbata-bata bahkan baru hafal satu penggal kalimat.

Ustadz Ramdani memberikan semangat kepada para mualaf bahwa dalam proses menghafal walaupun tidak sampai berhasil Insya Allah menjadi nilai pahala dalam setiap pengulangannya.

“Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka akan diberikan pahala satu kebaikan yang dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan.” HR. Tirmidzi

Pengajian ini diakhiri dengan pembagian paket kebutuhan pokok berupa sembako yang berisi beras, minyak, gula, susu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *