BAZNAS Ajarkan Mualaf di Kepulauan Mentawai Pahami Keutamaan Berdzikir

Mualaf Center BAZNAS kembali melaksanakan pembinaan pekanan yang bertempat di Masjid Al-Quds, Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan, Kepulauan Mentawai, pada Minggu (08/11/2020). Kegiatan ini dihadiri oleh 18 mualaf dari kalangan Ibu-ibu.

Mengawali pembinaan, Da’i Mualaf Center BAZNAS, Ustadz Ramdhani Sa’adillah, mengajak mualaf untuk bersama-sama mengulang hafalan bacaan shalat serta sedikit mengulas kembali materi pada pertemuan sebelumnya yakni tentang dzikir-dzikir ba’da shalat. Selanjutnya, Ustadz Ramdani Saadillah memulai pembahasan adab-adab dan tuntunan Islam dalam aktivitas keseharian.

“Setiap aktivitas seorang muslim dari bangun tidur sampai tidur lagi ada tuntunannya yang dicontohkan Baginda Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam. Dan dengan mengamalkannya setiap aktivitas sehari-hari kita bisa bernilai ibadah di sisi Allah subhanahu wata’ala,” ujar Ustadz Ramdhani saat memulai pemaparan materi.

Pada kesempatan ini, mulai dibahas mengenai adab tidur. Ustadz Ramdhani menjelaskan bahwa tidur hendaknya tidak hanya dijadikan sebagai pelepas lelah, namun sebaiknya dijadikan sebagai aktivitas ibadah dengan menjalankan sunah tidur. Diantara yang disunahkan Rasulullah SAW sebelum tidur antara lain yaitu berwudhu, membaca doa sebelum tidur, membaca Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas sambil ditiupkan ke telapak tangan dan diusapkan ke seluruh tubuh, membaca ayat kursi, tidur dengan posisi menyamping ke kanan dan lain-lain.

Da’i Mualaf Center BAZNAS Bimbing Mualaf Hafalkan Do’a dan Surah Pendek Al-Qur’an

Da’i Mualaf Center BAZNAS juga langsung membimbing para mualaf menghafal salah satu doa tidur yang paling mudah dihafal yakni bismika Allahumma amuutu wa ahyaa. Selain itu, para mualaf juga dibimbing menghafal ayat kursi yang membacanya merupakan bagian dari sunnah sebelum tidur. Untuk menguatkan motivasi menghafal mualaf, Ustadz Ramdani juga menjelaskan keutamaan serta waktu-waktu dianjurkan membaca Ayat Kursi diantaranya dengan membaca Ayat Kursi dapat terlindung dari pengaruh jin, sihir, setan dan sebagainya. Selain itu juga jika dibaca setiap selesai shalat lima waktu bisa mendapatkan jaminan masuk surga sebagaimana yang disabdakan Baginda Nabi Muhammad SAW dalam hadits yang shahih; dan terakhir dianjurkan juga dibaca dalam dzikir pagi dan petang.

Para mualaf diminta untuk membiasakan sunnah-sunnah tidur setiap harinya karena akan ada banyak sekali dampak kebaikan baik dari sisi ruhani maupun jasmani.

“Oh pantesan, anak-anak di TK diajarkan agar membiasakan cuci tangan dan cuci kaki sebelum tidur agar sehat ternyata di Islam lebih lengkap lagi dengan berwudhu,” ujar salah satu Mualaf, Roberta Sagari.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *