Semangat Mualaf Binaan BAZNAS Menjadi Imam Sholat

Shalat wajib berjamaah merupakan salah satu amalan yang dianjurkan bagi orang Islam karena terdapat sejumlah keutamaan yang didapat dari shalat berjamaah daripada shalat sendirian. Jumlah minimal dalam sholat berjamaah adalah dua orang. Satu orang menjadi imamnya, dan orang satunya menjadi makmum.

Syarat-syarat yang berhak menjadi imam shalat berjamaah diantaranya yaitu laki-laki, adil, dan faqih. Jadi, tidak sah wanita menjadi imam bagi laki-laki. Wanita boleh menjadi imam bagi jamaah wanita atau anak-anak. Kemudian orang yang paling berhak menjadi imam adalah orang yang paling ahli tentang Al-Qur’an, kemudian paling tahu tentang agama Allah, kemudian orang yang paling besar ketakwaannya. Selanjutnya, orang yang paling tua usianya, karena Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Orang yang berhak mengimami manusia ialah orang yang paling tahu (qari) tentang kitabullah. Jika bacaan mereka sama, maka siapa yang paling tahu tentang sunah. Jika pengetahuan mereka terhadap sunah sama saja, maka siapa di antara mereka yang paling dulu hijrah. Jika hijrah mereka sama, maka siapa di antara mereka yang paling tua usianya.” (HR Muslim).

Semenjak mendapatkan pembinaan di Rumah Dakwah Baznas (RDB) para mualaf dibiasakan untuk belajar menjadi imam shalat agar dapat melatih dirinya untuk bermental pemimpin, pun hafalan Qur’an yang dimilikinya dapat terjaga  serta menumbuhkan rasa percaya diri dalam dirinya.

“Di RDB kami menjadwalkan kepada setiap mualaf yang sudah dewasa untuk menjadi imam sholat berjamaah untuk mengaplikasikan hafalan Qur’annya dan melatih rasa percaya diri”. Ujar Awwalin pendamping RDB Kamis (8/11/2020).

Hafizah (12 tahun), salah satu mualaf di RDB selalu semangat saat mendapat jadwal menjadi imam sholat berjamaah di RDB.

“Awalnya deg-degan jadi imam shalat, tapi karena terbiasa deg-degannya perlahan berkurang. Percaya diri saja kalau dapat giliran jadi imam sholat, Alhamdulillah sudah banyak hafalan surat yang dihafal dari sebelumnya.” Ujar Hafizah kepada Pendamping RDB.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *