Mualaf Dusun Linte Ikuti Pembinaan Pentingnya Persaudaraan Bersama Da’i BAZNAS

Mualaf Center BAZNAS (MCB) kembali menyelenggarakan program pembinaan mingguan bagi mualaf Dusun Linte, Desa Takibangke, Kecamatan Ulubongka, Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah. Pembinaan dilangsungkan pada Jum’at (09/10/2020) di masjid Al-Amin dusun Linte setelah pelaksanaan ibadah Jum’at dan dihadiri oleh warga dan tokoh masyarakat dusun Linte.

Tema pembinaan kali ini adalah tentang pentingnya persaudaraan, persatuan dan kesatuan di kalangan muslim. Da’i MCB Ustadz Hasan Syarif mencontohkannya seperti membopong/menandu warga Linte yang sakit yang harus dibawa berobat ke ibukota Kecamatan Samatan Ulubongka.

Dalam membantu warga yang sakit ketika harus berobat ke ibukota kecamatan Ulubongka, bagaimana kita harus mewbawa warga tersebut, membawanya menggunakan ojek, turun melalui lereng ke muara Salabuko dan memabawanya melewati sungai Bongka menggunakan katingting. Tentunya ini sangat sulit, tapi kalo kita sebagi muslim memiliki rasa persaudaraan dan saling bekerjasama insyaa Allah kesulitan ini akan teratasi” ujar Ustadz Hasan.

Dalam kesempatan yang lain Da’i MCB melaksanakan  kajian untuk pemuda Suku Ta’a Wana Dusun Linte di sela-sela waktu mereka saat mau berangkat berkebun di salah satu rumah mualaf pada Ahad  (27/09/2020).

Pembinaan keislaman Oleh Da’i Mualaf Center BAZNAS, Ustadz Hasan Syarif, bersama pemuda Dusun Linte

Dalam kajian kali ini Da’i MCB mengingatkan pentingnya menjaga pergaulan bagi setiap muslim agar terjauh dari hal-hal yang dapat merusak seperti pergaulan bebas, judi, minum-minuman keras dan narkoba. Allah Azza wa Jalla berfirman:

 يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

 إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاةِ ۖ فَهَلْ أَنْتُمْ مُنْتَهُونَ

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamr, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan, maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu di dalam (meminum) khamr dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allâh dan shalat; maka tidakkah kamu berhenti (dari mengerjakan perbuatan itu)?!” (Q.S Al-Mâidah: 90-91)

“Alhamdulillah, mereka para pemuda mualaf di Dusun Linte ini dapat menerima dan mengikuti pembinaan dengan senang walaupun di sela-sela kesibukan mereka” ungkap Ustadz Hasan.

Pembagian Basic Need Didistribusikan Langsung ke Rumah Mualaf di Dusun Linte

Selain program pembinaan, Mualaf Center BAZNAS juga medistribusikan basic need kepada 108 KK mualaf di Dusun Linte. Program paket basic need ini tidak hanya sekedar bertujuan membantu kebutuhan pangan mualaf, melainkan menjadi bentuk syiar dakwah yang berprinsip saling tolong menolong antar sesama muslim.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *