BAZNAS Lakukan Kaderisasi Mualaf Bantu Berantas Buta Baca Tulis Al-Qur’an di Otobasa

Da’i Mualaf Center BAZNAS, Asep Ma’sum melaksanakan pembinaan di Dusun Otobasa, Desa Keranji Paidang, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, pada hari Jum’at (09/10/2020). Pada kesempatan tersebut Da’i mengajarkan dua binaan mualaf untuk membantu mualaf lainnya dalam belajar baca Al-Qur’an. Mualaf itu bernama Mardianus dan Iskandar Goyek Saputra yang saat ini sudah pandai membaca Al-Qur’an.

Hal ini menjadi program utama untuk memberantas buta huruf Al-Qur’an di Dusun Otobasa.

Iskandar Goyek Binaan Mualaf Center BAZNAS (kanan) Ajari Farojin (Kiri) Baca Iqro.

Sejak hari itu pula mereka mendapatkan kesempatan untuk mengajarkan binaan mualaf lainnya mengenal huruf-huruf Al-Qur’an melalui buku Iqro. Berdasarkan keterangan Ustadz Asep, Mardinus dan Iskandar nantinya akan membantu mengajar iqro mualaf di hari Senin-Kamis diluar dari jadwal pembinaan Mualaf Center BAZNAS. Pengkaderisasian ini dilaksanakan untuk memudahkan dalam meningkatkan kualitas mualaf sehingga menjadi muslim yang kaffah yang betul-betul bekualitas .

“Kaderisasi pengajar baca Al-Qur’an ini dibutuhkan sebab banyak diantara mualaf yang masih awam akan huruf Al-Qur’an. Jadwal ini dibuat untuk memudahkan mualaf dalam memilih hari, ketika mualaf sibuk dalam satu hari maka ia bisa memilih hari lain yang tidak sibuk sehingga proses belajar Iqro tidak terganggu,” ujar Asep.

Asep juga menjelaskan bahwa pembinaan yang dilaksanakan setiap hari Jum’at selain diisi dengan materi pemahaman keislaman akan ditambah untuk mengevaluasi hasil belajar baca Al-Qur’an bersama Mardinus dan Iskandar. Pada kesempatan ini sebanyak sepuluh jamaah bapak-bapak hadir mengikuti pembinaan, sedangkan waktu pembinaan mualaf ibu-ibu akan dilaksanakan setiap hari Ahad siang dan sore.

Para Mualaf terlihat antusias ketika belajar membaca Iqro, salah satunya Alpian yang selalu bersemangat saat belajar.

“Saya betul – betul ingin bisa baca Al-Qur’an walaupun usia saya sudah tua dan sering lupa tapi target tahun ini insyaa allah sudah pandai membaca Iqro,”ujar Alpian.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *