BAZNAS Dampingi Forum Da’i Gelar Pembinaan dan Pembekalan Mualaf di Mentawai

Mualaf Center BAZNAS mendampingi kegiatan Forum Da’i Sipora Utara Mentawai dalam pelaksanaan pembinaan dan pembekalan mualaf di Masjid Jabal Nur KM 4, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Minggu (27/9/2020). Dalam pendampingan tersebut, Mualaf Center BAZNAS memberikan dukungan dengan menyalurkan kebutuhan dasar berupa sembako sebanyak 40 paket kepada para mualaf. Meskipun demikian, kegiatan tersebut merupakan sinergi dari berbagai macam lembaga lainnya yaitu YBM, KORSA, BAZNAS Provinsi Sumatera Barat.

Pembagian Paket Logistik Keluarga BAZNAS Bagi Mualaf di Kecamatan Sipora Utara Mentawai

“Alhamdulillah berkat rahmat Allah kami dari Forum Dai Kecamatan Sipora Utara dimudahkan Allah SWT untuk menyelenggarakan acara pembinaan dan sekaligus pembekalan para mualaf yang diadakan di Kecamatan Sipora Utara,” ujar Bayu Pringadi, S. Th., Koordinator Da’i Kecamatan Sipora Utara.

Menurut penjelasannya kegiatan pembinaan dan pembekalan para mualaf tersebut diselenggarakan perdana atas nama Forum Dai Kecamatan Sipora Utara. Alhamdulillah, berkat kerjasama para Dai di Kecamatan Sipora Utara dan para muzaki (donatur) kegiatan pembinaan dan pembekalan mualaf berjalan lancar.

“Semoga Allah SWT membalas kebaikan ini dengan pahala yang sempurna. Aamiin ya Robbal alaamiin,” tuturnya.

Para mualaf yang hadir berasal dari Desa Tuapejat, Mapadegad, Desa Sido Makmur, Desa Bukit Pamewa, Desa Goisok Oinan dan Desa Betu Monga umumnya Sekecamatan Sipora Utara. Secara teknis akmodasi mualaf turut dibantu oleh Da’i dan panitia agar dapat datang menuju lokasi acara karena keterbatasan transportasi dan kondisi ekonomi.

Kegiatan pembinaan dan pembekalan secara umum meliputi pembekalan materi dan distribusi paket ibadah dan kebutuhan mualaf. Terdapat tiga pembekalan materi dari setiap narasumber yang diundang dianataranya Fiqh Ibadah oleh Ust. M. Mujamma’ul Khair MA, Ma’rifatul Islam oleh  Ust. Ali Imran Syuhada’S. Pd.I, dan Materi Aqidah oleh Ust Bayu Pringadi, S. Th.

Setelah materi utama selesai masing-masing para mualaf menerima paket titipan dari para muzaki berupa bingkisan mukenah, baju koko, kain sarung, serta paket sembako (telur, beras) dan akomodasi untuk pulang ke wilayah masing-masing.

“Pembinaan mualaf ini kita agendakan pertemuan gabungan sekali tiga bulan dan untuk pertemuan berikutnya kembali kita adakan di Desa Goisok Oinan di bulan Desember 2020. Dari hasil pertemuan perdana tersebut para dai menyepakati bersama bahwa pembinaan mualaf ini kita lakukan sekali dua minggu dimasing masing wilayah binaan. Mohon doanya para ustadz dan para mustahik agar kegiatan pembinaan ini berjalan dgn lancar serta istiqomah dalam perbuatan” ujar Koordinator Da’i Sipora Utara.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *