BAZNAS Ajarkan Materi Fikih Salat dan Thaharah untuk Mualaf Mentawai

Pembinaan mualaf rutin dilaksanakan setiap hari Ahad di Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat. Pada Ahad (13/09), mualaf mendalami materi keislaman mengenai pengantar fikih thaharah dan shalat yang disertai dengan praktik dan dipandu langsung oleh Dai Mualaf Center BAZNAS.

 Ustadz Ramdhani Saadillah, Da’I Mualaf Center BAZNAS, juga menjelaskan syarat sah dan syarat wajib shalat secara rinci. Adapun salah satu yang dibahas yaitu syarat sah shalat salah satunya yaitu menutup aurat, sebab tidak sah shalat jika tidak tertutup dengan sempurna auratnya.

Terdapat perbedaan aurat pada laki-laki dan perempuan yang harus ditutupi dalam shalat. Aurat laki-laki yang harus ditutup yaitu antara pusar dan lutut, adapun aurat perempuan adalah seluruh anggota tubuh kecuali wajah dan telapak tangan” terang Ustadz Ramdhani Saadillah.

Suasana Pembinaan Mualaf Center BAZNAS di Masjid Al-Quds Desa Muntei

Selesai pembahasan syarat sah dan syarat wajib shalat, Da’i memberikan kesempatan bertanya. Salah satu yang bertanya adalah Roberta yang menanyakan tentang hukum shalat di tempat ibadah agama lain.

tidak boleh shalat di rumah ibadah agama lain dengan kondisi aman dan masih bisa dilakukan selain di gereja. Kecuali dalam kondisi sangat darurat, dan tak ada tempat yang bisa dipakai kecuali itu” jawab Da’i menanggapi pertanyaan Roberta.

Selepas tanya jawab, Da’i meminta beberapa mualaf untuk mempraktikkan shalat. Hal tersebut memudahkan Da’i untuk membetulkan gerakkan dan bacaaan shalat.  Jika terdapat kesalahan dalam praktikknya hal yang telah dibetulkan oleh Da’i, dapat menjadi contoh kepada binaan mualaf yang sama sekali tidak bisa shalat. Mudah-mudahan dengan pembinaan yang berkesinambungan dapat terus berkembang pemahaman keislaman dan praktinya dalam kehidupan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *