Mualaf Binaan BAZNAS Tondok Lemo Jalani Kajian Adab Bertetangga

Da’I Mualaf Center BAZNAS melaksanakan kajian mualaf di Masjid Al Hidayah Tekko, Lembang, Bo’ne Buntu Sisong, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja, Selasa (14/07/2020). Tema muamalah menjadi bahasan pada kajian tersebut karena erat kaitannya dengan interaksi antar manusia. Sebnyak 25 binaan mualaf hadir untuk menambah wawasan keIslaman mengenai “Adab Bertetangga”.

Wilayah Tana Toraja sejak dua bulan terakhir pada umumnya memasuki musim hujan dengan disertai hembusan angin yang kencang. Namun, Da’I menjelaskan hal tersebut tidak menyurutkan binaan mualaf untuk mengikuti kegiatan kajian mingguan yang secara rutin dilakukan.

“Seorang muslim tidaklah sempurna keimanannya sebelum mencintai tetangga sebagaimana ia mencintai pribadinya,” terang Da’i Mualaf Center BAZNAS, Ariady Anshar, membuka paparan materi kajian.

Ariady menjelaskan kebiasaan Rasulullah SAW yang senantiasa berbagi kepada tetangga, saling menghormati dan tidak menyakiti. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata baik atau diam. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tetangganya. Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya,” yang dinukil dari hadits riwayat Bukhari dan Muslim.

Pak ustad bagaimana jika ada tetangga yang selalu menceritakan keburukan kita,” tanya Nurhayati Tudang, salah satu binaan Mualaf Center BAZNAS.

Ustadz Ariady menjelaskan bahwa menceritakan keburukan seseorang ini termasuk ghibah. Mengutip perkataan dari Imam An-Nawawi bahwa ghibah ialah menyebutkan keburukan orang lain disaat ia tidak ada saat pembicaraan berlangsung.

“Banyak ulama menyatakan bahwa ghibah ini termasuk dosa besar selain itu ghibah juga bisa meretakkan persaudaraan antar saudara maka dari itu perkara ghibah merupakan penyakit yang harus kita hindari,” jelas Ariady kepada seluruh jama’ah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *