Da’i MCB Ajak Para Mualaf Puasa Sunnah Hari Arafah

Senin (27/7) Da’i Mualaf Center Baznas melaksanakan pengajian mingguan di Masjid Taqwa Maileppet. Pengajian ini dihadiri oleh mualaf dari beberapa dusun di Desa Maileppet.

Pada kesempatan kali ini, Da’i membawakan tema tentang amalan-amalan istimewa di bulan Dzulhijjah. Di bulan Dzulhijjah Allah membuka peluang amal yang memiliki keutamaan yang sangat besar. Terkhusus lagi di 10 hari pertama bulan ini, Rasulullah menjelaskan dalam haditsnya bahwa tidak ada hari dimana amal-amal shalih lebih dicintai oleh Allah dibanding hari-hari lainnya, melainkan 10 hari bulan Dzulhijjah. Sehingga sangat ditekankan kepada setiap muslim untuk berusaha mengoptimalkan amal-amal shaleh, memperbanyak ibadah sunnah seperti berpuasa, membaca Al-Qur’an, dzikir, sedekah dan amal-amal saleh lainnya.

Da’i juga menegaskan kepada para mualaf agar tidak melewatkan puasa hari Arafah. Yang mana puasa ini dapat menjadi penghapus dosa setahun ke belakang dan setahun ke depan.

“Sebagaimana manusia yang tak luput dari salah dan dosa, sudah selayaknya kita tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Kita niatkan untuk berpuasa pada tgl 9 Dzulhijjah nanti, karena ini adalah kesempatan untuk mendapatkan ampunan Allah yang sangat mahal.” Ujar da’i.

Lalu da’i membacakan hadits

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ

“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) -aku mengharap dari Allah- dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang.” (HR. Muslim)

Sebelum mengakhiri sesi materi, Da’i menyampaikan kepada para mualaf untuk mengingat dan mencatat jadwal puasa Arafah. Bahwa 9 Dzulhijjah 1441 atau hari Arafah tahun ini bertepatan dengan hari Kamis tanggal 30 Juli 2020.

Da’i juga mengajak kepada para jamaah untuk mengajak keluarga, saudara dan tetangga yang muslim untuk menghadiri pelaksanaan Shalat Sunnah Idul Adha di Masjid Taqwa Maileppet pada hari Jum’at 10 Dzulhijjah 1441 bertepatan 31 Juli 2020. Da’i mengimbau agar para jamaah selalu memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 selama pelaksanaan Shalat Idul Adha, dengan menggunakan masker dan cuci tangan sebelum memasuki area masjid.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *