Mualaf Center BAZNAS Bersama Lemdiklat BAZNAS Gelar Sekolah Da’i BAZNAS

Pengumpulan Zakat sangat dipengaruhi Da`wah Zakat. Pendistribusian dan pendayagunaan zakat perlu disyiarkan melalui Da`wah Zakat. Dioptimalkan dengan program-program yang salah satunya dilaksanakan oleh Dai-Dai zakat yang masuk pada seluruh pelosok Indonesia. Pembukaan Sekolah Da`i BAZNAS dibuka oleh Prof. Bambang Sudibyo Ketua BAZNAS. Dihadiri dengan penyampaian sambutan oleh KH. Cholil Nafis – Komisi Dakwah MUI, Prof. Dr. Achmad Satori Ismail (Anggota BAZNAS RI), Dr. Juraidi Malkan – Direktur Penerangan Agama Islam, Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama RI. Juga hadir Bu Nana Mintarti Komisioner BAZNAS diwakili Pak Fikri (Ka Divisi Pendistribusian), hari Senin 20 Juli 2020.

Dalam upaya pengembangan da`wah zakat, Mualaf Center BAZNAS bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan BAZNAS mengadakan Program Sekolah Da’i BAZNAS dengan tema “Da’i Perekat Umat”. Tujuan Program Sekolah Da`i BAZNAS ini adalah guna meningkatan kapasitas Da’i dalam mensyiarkan dakwah Islam dan menghadapi era globalisasi yang semakin kompleks. Mencetak Da’i yang paripurna yang siap terjun berdakwah di masyarakat sehingga syiar Islam di muka bumi ini semakin luas. Hal ini sejalan dengan Misi ke 9 BAZNAS yaitu mengembangkan kompetensi amil zakat yang unggul dan menjadi rujukan dunia. Pelaksanaan mulai Senin sampai dengan Jum’at, 20 – 24 Juli 2020. Peserta yang telah mendaftar tidak kurang dari 180 peserta melebihi kuota yang ditetapkan sebanyak 150. Terdiri dari Da’i/Da’iah/Ustadz/Ustadzah utusan BAZNAS daerah Propinsi, Kota Kabupaten seluruh Indonesia dan Lembaga Dakwah serta Lembaga Amil Zakat.

Secara rinci materi Sekolah Da`i BAZNAS mulai, Pengantar Keislaman, Strategi Menghadapi Gerakan Pemurtadan, Fiqih Dakwah, Public Speaking, Sejarah Islam dan Agama-Agama serta Wawasan Kebangsaan. Dilanjutkan Advokasi Mualaf, Da’i Tanggap Bencana, Zakat Memberdayakan Ummat. Selanjutnya Sekolah Da`i BAZNAS secara berkelanjutan melakukan pembelajaran berkesinambungan dan mendampingi Da`i – Da`iah hingga meraih sertivikasi sebagaimana rekomendasi Prof. Bambang Sudibyo, Ketua BAZNAS.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *