Safari Ramadhan, Da’i BAZNAS Kunjungi Rumah Mualaf Binaan

Sudah lewat empat hari puasa di Bulan Ramadhan yaitu pada Rabu (29/4/2020), Da’I Mualaf Center BAZNAS (MCB) Kepulauan Mentawai kembali mengunjungi kediaman mualaf binaan di Dusun Toktuk/Puro Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan. Kediaman Ini Mardia menjadi salah satu tempat berkunjung Da’I. Sebanyak lima binaan mualaf turut hadir untuk menyimak tausyiah singkat berkaitan dengan fiqih puasa dan menjaga semangat Ramadhan.

“Saya senang ustadz dapat mengunjungi dan memberikan ilmu tentang Ramadhan kepada kami, terlebih ini merupakan puasa pertama bagi saya di bulan Ramadhan tahun ini,” ujar Dermawati, salah satu binaan Mualaf Center BAZNAS yang belum genap satu tahun masuk Islam.

Di tengah pembatasan aktivitas akibat pandemic Covid-19 memberikan kesan yang berbeda pada proses pembinaan bagi mualaf di Siberut Selatan. Kegiatan Da’I yang mengunjungi satu persatu rumah merupakan salah satu program Safari Dakwah bagi mualaf untuk dapat memberikan semangat dalam menjalankan ibadah puasa.

Penyampaian fiqih puasa menjadi salah satu hal yang penting untuk disampaikan agar ibadah puasa di bualan Ramadhan dijalankan beriringan dengan pemahaman ilmu. Selain itu, bagi mualaf yang pertama kali menjalankan puasa seperti Darmawati perlu untuk dirangkul dan diberikan semangat untuk dapat menyelesaikan ibadah Ramadhan dengan sempurna.

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 183, bulan Ramadhan merupakan momentum untuk membentuk diri menjadi orang yang bertaqwa. Terselip banyak hikmah dalam melaksanakan Ibadah di bulan Ramadhan diantaranya mensyukuri setiap apa yang dimiliki, saling tolong menolong, dan limpahan rahmat Allah SWT bagi orang-orang yang beriman.

Da’i Mualaf Center BAZNAS Ajarkan Baca Iqro Anak Mualaf di Rumah dengan Tetap Menerapkan Phisical Distancing

Para mualaf mengaku gembira dengan kehadiran Da’i MCB, karena mereka merasa belum banyak paham mengenai bagaimana ibadah puasa dapat dilaksanakan dengan baik. Pada kesempatan lainnya, Da’I Mualaf Center BAZNAS juga turut membantu Yogi salah satu anak Mardia untuk mengajarkan baca Iqro Jilid 6. Kesulitan belajar ngaji juga dirasakan Yogi, seab sudah jarang TPA dan tempat belajar Al-Qur’an yang masih buka akibibat pandemic Covid-19

“Mudah-mudahan kunjungan ini bisa menjadi semangat para mualaf dalam menjalankan ibadah Ramadhan,”ujar Da’I Mualaf Center BAZNAS, Ramdhani Saadillah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *