Da’i MCB Kuatkan Keislaman Mualaf dari Rumah ke Rumah

Mentawai – Senin, 27 April 2020 – Dalam upaya penguatan keislaman para mualaf di bulan Ramadhan, Da’i Mualaf Center BAZNAS (MCB) Kep. Mentawai kembali melakukan kunjungan dakwah ke kediaman salah satu mualaf binaan di Dusun Batjoja Desa Maileppet.

Aktivitas ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan yang menunjang keamanan dari Covid-19. Oleh karena itu pengajian minguan seperti biasanya diganti dengan metode kegiatan dakwah dari rumah ke rumah. Peraturan Bupati Kepulauan Mentawai pun masih membolehkan adanya kegiatan pembinaan keagamaan di bulan Ramadhan dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku seperti tidak berkerumun lebih dari 5 orang, menjaga jarak dan selalu memakai masker.

Pada kesempatan ini, Da’i MCB memaparkan fiqih ringkas seputar puasa Ramadhan, seperti rukun puasa, syarat puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, dan lain sebagainya.

Ibu Desi  salah satu mulaf binaan menanyakan hal hukum sikat gigi pada waktu pagi setelah lewat Subuh. Da’i MCB menjelaskan bahwasanya menyikat gigi tidak membatalkan puasa selama tidak menelan air atau cairan pasta gigi, adapun Imam Syafi’i mengatakan makruh jika dilakukan setelah lewat dzuhur. Tapi walaupun tidak membatalkan puasa, demi kehati-hatian sebaiknya menyikat gigi dilakukan diwaktu sebelum shubuh.

Para mualaf merasa senang dengan kedatangan da’i kali ini, karena mereka merasakan butuh akan pencerahan dan siraman rohani yang bisa menyemangati mereka beribadah di bulan Ramadhan ini.

Harapannya, kegiatan ini bisa tetap terlaksana secara berkesinambungan selama bulan Ramadhan ini, sehingga para mualaf bisa terus bersemangat dalam melaksanakan ibadah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *