BAZNAS Edukasi Mualaf Binaan Pahami Keutamaan Bulan Suci Ramadhan

Mualaf Center BAZNAS (MCB) mengadakan pembinaan mualaf di Dusun Bambaloku, Desa Tojo, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu. Pembinaan mualaf ini disampaikan oleh Da’i MCB, Ardi Marinda, dengan materi belajar memahami keutamaan dari bulan suci Ramadhan 1441 H.

Pada kesempatan ini Da’i MCB, Ardi menjelaskan bahwa kehadirannya adalah untuk mengingatkan kepada para mualaf Suku Ta’ Wana pedalaman Bambaloku untuk selalu menjaga iman dalam Islam dan memperbaiki niat karena Allah SWT dalam beraktivitas atau bekerja untuk mendapatkan pahala.

“Bulan ramadhan adalah bulan yang mulia, penuh dengan rahmat dan ampunan serta dilipat gandakan pahala oleh Allah kepada orang-orang yang berpuasa dan melakukan kebaikan di bulan ramadahan,” ujar Ardi.

Ardi menambahkan bagi seorang muslim penting untuk menjaga kebersihan dan silaturrahim dengan siapa saja. Salah satunya ketika hendak memasuki bulan suci Ramadhan. Kebersihan dan menjaga ukhuwah atau silaturrahim adalah perintah Allah SWT dan Rasulullah SAW di dalam agama Islam.

Da’i MCB, Ardi menekankan kepada para mualaf bahwa setiap orang yang telah menjadi muslim wajib untuk memahami keutamaan bulan Ramadhan. Selain itu wajib juga untuk melaksanakannya bagi mereka yang tidak memiliki udzur syar’i atau sesuatu yang di larang dalam Islam untuk tidak berpuasa pada bulan ramadhan.

“Berpuasa di bulan ramadhan termaksud rukun Islam yang harus di jalankan sebagai seorang muslim yang telah menginjak usia balig,” jelasnya.

Aktivitas mualaf Suku Ta’ Wana umumnya pada pagi hari sampai sore hari adalah berladang. Mereka berada di kebun untuk menanam padi ladang ketika musim hujan dan kembali ke rumah atau pemukiman yang berada di Bambaloku ketika sudah dekat waktu Magrib atau pukul 17.30 WITA. Padi ladang yang ditanam adalah makanan pokok jangka panjang Suku Ta’ Wana karena jauhnya perjalanan ke desa untuk membeli beras dan menyambung kehidupan mualaf pedalaman Bambaloku.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *