Tingkatkan Kewaspadaan Penyebaran Covid-19, BAZNAS Lakukan Edukasi Melalui Kelas Daring

Kasus Virus Corona atau Covid-19 semakin hari mengalami peningkatan tajam khususnya jumlah masyarakat yang terdampak. Kurang lebih 55 negara di dunia tidak terkecuali Indonesia juga ikut terkena wabah virus yang merebak dari Wuhan, China. Berdasarkan data dari worldometers, penyebaran virus Covid-19 telah menginfeksi sebanyak 83.889 kasus dan menyebabkan 2.867 kematian di seluruh dunia.

Sebagai upaya pencegahan agar wabah tidak semakin meluas, BAZNAS melakukan edukasi kepada berbagai lapisan masyarakat di berbagai wilayah Indonesia dalam menyikapi sekaligus meningkatkan kewaspadaan terhadap virus Covid-19 melalui kelas daring yang dilaksanakan Kamis (5/3).

Dalam Kelas Daring BAZNAS, Kepala Program Mualaf Center BAZNAS dan Dosen Program Studi Ilmu Ekonomi Syariah FEM IPB, Ust. Salahuddin El Ayyubi, Lc. M.A selaku narasumber menjelaskan wajib bagi setiap Muslim dalam setiap keadaannya selalu meminta perlindungan kepada Allah, bertawakal kepada-Nya, meyakini bahwasanya seluruh urusan/perkara berasal dari Allah dan ada ditangan Allah Ta’ala.

مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ إِلَّا بِإِذْنِ اللَّـهِ ۗ وَمَن يُؤْمِن بِاللَّـهِ يَهْدِ قَلْبَهُ

Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa manusia kecuali dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala dan barangsiapa yang beriman kepada Allah, Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya.” (QS. At-Taghabun[64]: 11)

Salahuddin menyampaikan semua perkara atau semua urusan di tangan Allah. Apa yang Allah inginkan pasti terjadi dan apa yang Allah tidak inginkan maka tidak akan terjadi dan tidak ada yang dapat melindungi kecuali Allah ‘Azza wa Jalla. Seorang muslim juga harus  senantiasa taat melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-laranganNya, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mewasiatkan sahabat Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma:

احْفَظْ اللَّهَ يَحْفَظْكَ احْفَظْ اللَّهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ

“Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu. Jagalah Allah, maka engkau akan mendapati Allah di hadapanmu.”

Maka senantiasa menjaga perintah-perintah Allah, meninggalkan apa yang Allah larang adalah sebab seorang hamba dilindungi dan diselamatkan.

Selain itu Kepala Program Mualaf Center BAZNAS ini juga menjelaskan metode pencegahan Virud Covid-19 dengan berperilaku hidup sehat (olah raga teratur dan mengkonsumsi makanan sehat dan bernutrisi tinggi). Bersungguh-sungguh menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan, jika sakit maka segera lakukan pengobatan. Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah bersabda:

مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ

“Barangsiapa yang pertama kali dimakamkan di pagi hari yaitu 7 kurma Ajwa, maka tidak akan membahayakannya sesuatu apapun pada hari itu baik sihir maupun racun.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hal tersebut adalah salah satu cara yang dicontohkan Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menjaga kesehatan dari sekian banyak cara untuk kita menjaga kesehatan.

Kewaspadaan dan sikap yang penting selanjutnya, yaitu tidak terbawa oleh isu-isu yang tidak benar (hoax). Karena sebagian manusia sengaja menyebarkan atau menyebutkan hal-hal yang tidak benar, tidak ada hakekatnya, untuk membuat keresahan dan ketakutan. Padahal tidak ada yang seharusnya perlu ditakuti. Seyogyanya, setiap Muslim tidak ikut-ikutan menyebarkan isu-isu yang tidak benar sehingga mempercayai isu-isu tersebut tanpa didasari data dan fakta.

Tidak ada peristiwa yang terjadi dengan kebetulan. Dibalik penyakit atau musibah, sejatinya akan mengembalikan seorang hamba yang jauh dari mengingat Allah, kembali menuju kepada-Nya. Maka ini adalah moment dan kesempatan untuk terus  memperbaiki diri, meningkatkan kesabaran untuk menjadi insan yang lebih baik.

Peserta Kelas Daring sangat antusias dan  mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS yang telah mengadakan kegiatan yang sangat bermanfaat, sebagai langkah edukasi terhadap wabah virus Covid-19 yang sedang terjadi di Indonesia.

Alhamdulilah, malam ini ikut Kelas Daring dari BAZNAS tentang bagaimana sikap muslim terhadap virus corona. Narasumbernya Ust. Salahuddin El Ayyubi (Dosen IPB). Masya Allah materinya singkat, ringan, padat, dan aplikatif. Materi disampaikan secara jelas jadi mudah ditangkap meski via online. Pertanyaan-pertanyaannya juga out of the box dan menambah insight pribadi. Alhamdulilah, terima kasih BAZNAS sudah membuat Kamis malam ini bermanfaat. Ditunggu kelas daring berikutnya :),” ujar peserta dari Lembaga Konsultan CV MWA, Pangan Lokal Indonesia, Listia Ayu Pertiwi.

“Bermanfaat sekali, khususnya bagi kami yang berada di Pedalaman dan minim informasi serta edukasi khususnya tentang virus Covid-19. Sangat tercerahkan dengan adanya Kelas Daring ini. Terima kasih,” ujar Pembina Mualaf di Kab. Kepualauan Mentawai, Ersa Karo-Karo.

Satu hal yang menjadi kewajiban setiap muslim di setiap kondisi dan waktu ketika menghadapi berbagai peristiwa dan musibah adalah memohon perlindungan kepada Allah  dan menjadikan motivasi dalam mendisuksikan, memecahkan, dan menanggulangi hal tersebut berdiri di atas ketentuan yang sejalan syari’at, rasa khauf (takut) kepada Allah Ta’ala dan merasakan pengawasan-Nya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *