Mualaf Binaan BAZNAS Dalami Ilmu Manajemen Rumah Tangga Islami

Mualaf Center BAZNAS (MCB) menyelenggarakan kegiatan Kajian Bulanan untuk Mualaf di Siberut Selatan yang bertempat di Masjid Al-Huffazh, Dusun Toktuk, Desa Muntei, pada hari Minggu (16/2). Kegiatan ini dihadiri oleh 42 orang mualaf dari 3 kelompok pembinaan mingguan di Desa Muntei, Maileppet dan Muara Siberut.

Pemateri dalam kajian ini adalah Ustadz Humastono, S.Pd.I., Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Siberut Selatan sekaligus penanggung jawab urusan agama se-Pulau Siberut. Tema kajian bulanan ini membahas mengenai Fiqih Munakahat dan Menajemen Rumah Tangga Islami.

Antusias mualaf saat mendengarkan kajian mnakahat bersama Ustadz Humastono, S.Pd.I.

Tema kajian tersebut diambil dengan pertimbangan banyaknya pertanyaan dalam kajian mingguan tentang fikih pernikahan, kehidupan rumah tangga, konflik rumah tangga, perceraian, keabsahan pernikahan di mata hukum, dll. Sehingga tema kajian serta pematerinya dianggap cocok untuk kajian bulan ini.

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Humastono membahas secara lengkap fikih pernikahan, mulai dari makna nikah, tujuan dan hikmah pernikahan serta hak dan kewajiban suami istri dan lain sebagainya. Selain itu, dibahas juga tentang manajemen konflik rumah tangga dan kiat agar hubungan rumah tangga bisa tetap harmonis dan langgeng sampai akhir hayat.

Kepala KUA Siberut Selatan ini juga menjelaskan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan pernikahan di mata hukum negara, serta hal-hal yang harus diurus langsung oleh KUA dan Pengadilan Agama yang berkaitan dengan Nikah, Talak, Cerai dan Rujuk (NTCR).

Para mualaf sangat antusias menyimak semua pemaparan dari pemateri. Antusiasme para mualaf ini semakin terlihat ketika sesi tanya jawab berlangsung. Cukup banyak pertanyaan para mualaf mengenai tema ini yang langsung dijawab oleh pemateri.

Dengan adanya kajian bulanan ini, diharapkan dapat menambah pemahaman para mualaf mengenai tujuan pernikahan Islam serta dapat mengurangi angka perceraian di kalangan para mualaf.

RS

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *