Mualaf Center BAZNAS Bina Mualaf Otobasa Pahami Makna Pemborosan

Keimanan bagi seorang muslim merupakan aset penting yang harus terus dijaga dan diberikan perhatian sebagai jalan diterima atau tidaknya amal di hadapan Allah SWT. Bagi seorang mualaf yang baru saja mengenal Islam, maka perlu untk diberikan pemahaman tentang ketahuidan yang erat kaitannya dengan iman. Iman sebagai aset yang sangat berharga memiliki  berbagaimacam ancaman baik dari  faktor internal atau eksternal diri seseorang muslim.

Penjagaan iman merupakan suatu benteng khusus yang akan memudahkan mualaf untuk memudahkan dalam memahami Islam. Pembinaan Da’i  Mualaf Center Baznas (MCB) di Dusun Otobasa Desa Keranji Paidang Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (15/11) merupakan salah satu aksi konkrit  yang terus digalakan kepada mualaf binaan MCB.

Alhamdulillah pembinaan pekanan oleh Da’i MCB berjalan lancar walapun terdapat beberapa kendala diantaranya tempat pembinaan kurang nyaman dikarenakan pemasangan atap masjid yang belum rampung dibereskan.

Pembinaan kali ini seperti biasa di awali dengan mengenalkan huruf hijaiyah kepada para mualaf dan dilanjutkan kajian dengan tema Thoharoh (bersuci). Da’i MCB menjelaskan pentingnya bersuci dan adab – adab bersuci sampai menjelaskan jenis dan hukum air sampai hukum air bekas.

Di akhir kajian Pak Alfian bertanya kepada Da’i MCB ” Pak Ustadz saya punya teman ketika saya dan teman  saya bertamu kemudian kami di berikan kue sisa bekas lebaran , kawan saya berkata kepada saya “kita tidak boleh memakan barang  sisa”  maka apakah benar kita tidak boleh memakan  makanan sisa ?

Da’i MCB menjawab ” memakan makanan sisa orang boleh selagi makanan tersebut halal dan baik”

Karena tadi dijelaskan mengenai air bekas minum manusia maka hukum airnya suci dengan artian jika diminum boleh sebab suci, bahkan agama kita mengajarkan untuk tidak menyia-nyiakan makanan . Allah berfirman

(إِنَّ ٱلۡمُبَذِّرِینَ كَانُوۤا۟ إِخۡوَ ٰ⁠نَ ٱلشَّیَـٰطِینِ)

Sesungguhnya orang-orang yang pemboros (atau yang menyia-nyiakan)  itu adalah saudara setan.

 REP : AM

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *