Mualaf Baduy Belajar Adab dan Akhlak Bersama Da’i Mualaf Center BAZNAS

MCB, Rabu (08/10)- Baduy, Dai MCB melaksanakan pengajian rutin mingguan di Kampung Ciater, salah satu titik kampung binaan dai MCB masyarakat Baduy Kabupaten Lebak Banten.

Pengajian diawali dengan mengisi daftar hadir dan pembacaan hafalan surat pendek yang telah dibacakan satu minggu sebelumnya secara bersama-sama lalu dilakukan evaluasi individu secara acak hapalan surat pendek tersebut.

Selanjutnya Da’i menjelaskan tema pengajian mingguan yaitu tentang Adab dan Akhlak seorang muslim juga menjadikan Nabi Muhammad Saw sebagai suri tauladan akhlak yang paling mulia.
“Sesungguhnya aku (Rasulullah ﷺ) diutus untuk menyempurnakan akhlaq yang baik.”

Da’i MCB juga menyampaikan kisah akhlak Nabi Muhammad Saw sejak kecil dan hal ini membuat para mualaf takjub dan penasaran dengan kehidupan Nabi Muhammad Saw dan mereka meminta Da’i MCB setiap pelaksanaan pengajian dibacakan kisah-kisah Nabi.

Di akhir pengajian ditutup dengan tanya jawab, ada salah seorang mualaf bertanya “akhlak dan Adab itu lebih penting mana dibandingkan dengan mencari ilmu?”

Dai secara perlahan menjelaskan bahwa para ulama berpendapat jika akhlak dan Adab itu di atas ilmu, tapi akhlak dan Adab itu tidak bisa sempurna tanpa ilmu. Jadi di dalam Islam keduanya harus seimbang.

Kemudian dai menambahkan jika sebagai muslim dalam menuntut ilmu juga harus ada akhlak dan adabnya. Dan menutup acara pengajian dengan pembacaan surat pendek lagi yang harus dihapalkan oleh mualaf selama seminggu ke depan.

RED : MCB     REP : TQ

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *