Kolaborasi MCB dan BAZNAS Sumatera Barat Dukung Pembinaan Mualaf di Mentawai

MCB, Jumat (2/8/2019) —– Padang, Tim Mualaf Center BAZNAS (MCB) bersama Da’i MCB melakukan kunjungan ke kantor BAZNAS Provinsi Sumatera Barat. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka silahturrahim dan koordinasi mengenai penempatan Da’i dan pembinaan mualaf di Desa Maileppet, Kec. Siberut Selatan, Kab. Kepulauan Mentawai.

Kedatangan Tim MCB disambut hangat oleh Ketua BAZNAS Provinsi Sumatera Barat, Prof. Dr. KH. Syamsul Bahri Khatib yang lebih akrab disapa Buya Syamsul dan Wakil Ketua Bidang Pengumpulan, Prof. Dr. H. Edi Safri.

Buya Syamsul memberikan masukan dan nasihat kepada Da’i MCB mengenai hal-hal penting dalam pelaksanaan pembinaan Mualaf. Salah satunya, Buya Syamsul menjelaskan karakter masyarakat mualaf di Kepulauan Mentawai yang masih rentan untuk kembali ke agamanya dahulu. Salah satu penyebabnya adalah faktor ekonomi. Masyarakat mualaf di Kepulauan Mentawai dapat mudah tergoyahkan keimanannya dengan bantuan-bantuan ekonomi yang diberikan oleh kelompok agama non muslim walupun hanya dengan bentuk bantuan yang sederhana.

Oleh karena itu, diharapkan Da’i yang diutus ke Kepulauan Mentawai tidak hanya membina dalam hal ilmu keagamaan. Akan tetapi juga melakukan program-progam yang dapat memastikan kebutuhan hidup mualaf terjamin, sehingga tidak mudah diimingi untuk kembali ke agama sebelumnya. Saran tersebut sesuai dengan program MCB yaitu Basic Need berupa pembagian sembako kebutuhan mualaf tiap kepala keluarga.  

Dalam kesempatan tersebut, Da’i MCB menunjukkan dan mempresentasikan Modul Pembinaan Mualaf kepada Buya Syamsul. Buya Syamsul mengapresiasi ketersediaan modul pembinaan mualaf. Harapannya dengan adanya modul tersebut pembinaan dapat dilakukan dengan sistematis dan terstruktur.

“Hal yang lebih penting disampaikan oleh Da’i kepada mualaf adalah pokok-pokok ajaran Islam sehingga keislaman mereka lebih kuat dan kokoh” Ujar Buya Saymsul.

Di akhir pertemuan, Buya Syamsul menyampaikan bahwa Baznas Provinsi Sumbar siap mensupport penuh pelaksanaan pembinaan mualaf yang dilakukan oleh MCB. Baznas Sumbar siap terus bekerjasama dengan MCB dalam mengembangkan dakwah di Kepulauan Mentawai sehingga Islam di Kepulauan Mentawai bisa semakin meluas.

Red : RS   Rep : ACW

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *