Kevin Tak Gentar Untuk Mendapatkan Hak Pendidikannya

Pendidikan adalah jendela bagi masa depan anak-anak bangsa. Tanpa Pendidikan baik formal maupun informal seorang anak akan tekungkung dengan hanya melihat keadaan disekitarnya tanpa tahu bahwa dunia begitu luas dan begitu banyak ilmu yang akan Ia dapatkan. Ilmu itulah yang akan menjadi bekal untuk menjajaki potensi diri dan memaksimalkan kemampuan untuk dapat bisa beratahan hidup diantara gempuran persaingan global.

Pada Undang-undang Dasar 1945 pasal 28C ayat 1 disimpulkan bahwa hak setiap warga negara untuk mendapatkan pendidikan. Pasal tersebut menyatkan dengan jelas “Hak warga negara untuk mengembangkan diri dan melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya dan berhak mendapat pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya demi kesejahteraan hidup manusia.”

UUD menjadi salah satu landasan Mualaf Center BAZNAS (MCB) bergerak dan turut mendukung pendidikan bagi warga masyarakat khususnya untuk ashnaf penerima zakat yaitu mualaf. Salah satu cerita anak negeri disalah satu Ibu Kota Terbesar Se-Asia menyatakan bahwa dirinya memerlukan bantuan untuk melanjutkan pendidikannya dijenjang SMK. Keterbatasan ekonomi menyebabkan dirinya terhambat untuk menyelesaikan ujian akhirnya yaitu Ujian Nasional dikarena belum membayar uang SPP selama beberapa bulan.

Andhika Jans Kevin S. (20) siswa SMK disalah satu sekolah swasta yang ada di Jakarta memilih untuk tetap berusaha dan berjuang mencapai target kelulusannya ditahun 2019. Mendengar kabar tersebut MCB mengadvokasi biaya pendidikan Kevin selama satu semester. Mengutip kalimat dari Gubernur Jakarta yaitu Anis Baswedan yang menyatakan “Mendidik adalah tanggung jawab setiap orang terdidik. Berarti, anak-anak yang tidak terdidik di republik ini adalah ‘dosa’ bagi setiap orang terdidik. Anak-anak nusantara tidak berbeda. Mereka semua berpotensi. Hanya dibedakan oleh keadaan”. Kalimat tersebut menjadi pecutan bagi Tim MCB untuk tetap berusaha dan mendukung anak-anak bangsa mendapatkan hak pendidikan demi kesejahteraannya dimasa mendatang.

Red : MCB    Rep : ACW

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *